Penelitian

PENELITIAN


 Seorang guru harus melakukan penelitian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan memahami lebih dalam tentang cara siswa belajar. Penelitian membantu guru mengevaluasi metode pengajaran yang mereka gunakan, mengidentifikasi tantangan yang dihadapi siswa, dan menemukan solusi yang lebih efektif. Dengan melakukan penelitian, guru dapat mengembangkan strategi yang berbasis bukti, yang dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa.


Selain itu, penelitian juga mendorong guru untuk terus belajar dan beradaptasi dengan perkembangan terbaru dalam pendidikan. Melalui penelitian, mereka dapat berbagi temuan dengan rekan sejawat, berkontribusi pada pengembangan praktik terbaik, dan membangun komunitas pembelajaran yang kolaboratif. Dengan demikian, penelitian bukan hanya meningkatkan kemampuan guru, tetapi juga memberikan dampak positif bagi siswa dan lingkungan sekolah secara keseluruhan.


1. Penelitian pertama 

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN AKSARA JAWA MENGGUNAKAN METODE CARA NGAPAK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 2 TEMUWUH

oleh : Merya Wulansari, Sofa Unnafis, Isna Rahmawati F, Delani Restu I

Melestarikan aksara Jawa dapat kita terapkan dengan melakukan kewajiban menuliskan aksara Jawa untuk pembelajaran setiap kelas atau sekolah. Cara Ngapak merupakan metode baru yang digunakan untuk mengajarkan penulisan aksara Jawa. Metode ini diharapkan dapat mempermudah pemahaman generasi remaja masa kini dalam memahami dan melestarikan aksara Jawa. Tujuan penelitian ini adalah Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dalam pembelajaran aksara jawa menggunakan Metode Cara Ngapak dan Metode Ceramah siswa kelas V SD Negeri 2 Temuwuh serta mengetahui efektivitas pembelajaran aksara jawa menggunakan Metode Cara Ngapak terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Temuwuh. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen. Penelitian ini menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Metode pengambilan sampling menggunakan teknik nonprobabilitas. Metode pengumpulan data menggunakan observasi secara langsung dengan memberikan penjelasan kepada para siswa bagaimana penggunan metode “Cara Ngapak” yaitu, salah satu kelas diberi pembelajaran metode ini dan yang satunya dengan metode ceramah setelah itu akan dilakukan tes terhadap setiap siswa dengan memberikan latihan soal. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan sebesar 16,3, hasil belajar kelas eksperimen yang menggunakan metode “Cara Ngapak” lebih baik dari pada kelas kontrol yang menggunakan metode Ceramah pada mata pelajaran bahasa Jawa terutama di Aksara Jawa kelas V SDN 2 Temuwuh sreta Metode pembelajaran Cara Ngapak lebih efektif meningkatkan hasil belajar siswa daripada metode Ceramah.

0 comments:

Post a Comment